Kegiatan Out Campus dan In Campus Diklapa I Kecabangan Infanteri TA. 2021

1 / 4
PUSDIKIF
2 / 4
TERDIDIK
3 / 4
TERLATIH
4 / 4
TERHORMAT

Kegiatan Out Campus dan In Campus Diklapa I Kecabangan Infanteri TA. 2021

Pada Kamis (18/3/2021) telah berlangsung proses belajar mengajar (PBM) out campus Diklapa I TA. 2021 yang diikuti oleh 104 siswa kecabangan Infanteri TNI AD melalui daring di kesatuan masing-masing. Kegiatan belajar ini berlangsung dari Tgl 2 s.d 29 Maret 2021, kemudian dilanjutkan proses belajar mengajar in campus di Pusdikif Bandung.

Pendidikan merupakan pilar utama dalam membentuk sumber daya manusia Prajurit Angkatan Darat agar memiliki kualitas yang memenuhi kriteria prajurit profesional. Pendidikan sangat menentukan dalam membentuk dan mengembangkan kualitas sumber daya Prajurit yang memiliki sikap perilaku, ilmu pengetahuan dan keterampilan serta jasmani yang samapta atau lebih dikenal dengan Tri Pola Dasar Prajurit.

Sistem out campus yang dilakukan dengan cara koresponden menggunakan internet memakai metode e-learning, dan kegiatan in campus dengan sistem tatap muka langsung di masing-masing pusat pendidikan kecabangan, hal ini dapat mengefektifkan waktu kerja dari para Siswa. Karena Perwira Siswa tetap dituntut untuk tetap mengerjakan tugas pokoknya di masing-masing kesatuan. Dengan diberlakukannya sistem baru ini diharapkan setiap prajurit mendapatkan kesempatan dan kemampuan yang sama untuk meningkatkan kemampuan Militer.

Perubahan kurikulum out campus ini dilakukan karena tuntutan globalisasi, yang semakin dinamis, yang tidak mungkin kita hindari. Untuk itu semua pendidikan selalu diawasi dan disempurnakan, sebagian kekurangan dan kelemahan dievaluasi dan diadakan kajian sehingga Pendidikan di TNI AD semakin berjalan dengan baik.

Tentunya dengan sistem ini akan ada kendala dan hambatan bagi setiap Prajurit Siswa, namun jika dilihat dari sisi perspective psikologi semua  kembali lagi setiap orang pasti memiliki potensi, dan sepanjang didukung dengan motivasi dan semangat kerja yang positif akan membuat produktivitas kerja meningkat, karena pekerjaan tidak lagi dianggap sebagai beban, tetapi sebagai pengalaman positif yang membantu mengaktualisasi diri mereka.

Tetap jaga kesehatan dan kebugaran tubuh, selalu semangat dalam mengikuti proses belajar mengajar (PBM) guna menjadi prajurit yang mempunyai tripola dasar pendidikan sehingga terbentuk kualitas sumber daya prajurit, meliputi aspek sikap dan perilaku, pengetahuan, dan keterampilan, jasmani yang samapta serta munculnya intuisi bagi peserta didik.

Salam INFANTERI

Terdidik Terlatih Terhormat

Berbagi :